Perbedaan Kopi Specialty, Kopi Premium, dan Kopi Komersial

Perbedaan Kopi Specialty, Kopi Premium, dan Kopi Komersial

Others

Perkembangan kopi seperti tidak ada habisnya yang sangat populer di seluruh dunia. Kopi sendiri sebenarnya terdiri dari banyak varian jenis, rasa, dan aroma namun tahukah Anda ini juga karena faktor kualitas biji kopi yang digunakan yang terdiri dari kopi specialty, kopi premium, dan kopi komersial.

Perbedaan Kualitas Biji Kopi

1. Kopi Specialty

Dalam industri kopi, istilah kopi specialty mengacu pada kopi yang memiliki rating tertinggi ketika melewati proses green grading, yaitu Grade 1 dengan nilai cangkir di atas 80. Artinya kopi tersebut memiliki cacat terkecil. Atau tidak ada cacat primer dan 0-3 cacat sekunder. Kopi juga harus disimpan dengan sempurna saat cupping dan bebas dari biji yang belum matang.

Selain itu, kelembaban harus dijaga pada 9-13%. Peringkat cupping lebih dari 80 menunjukkan bahwa kopi memiliki karakteristik rasa yang disertai dengan atribut tambahan seperti keasaman dan rasa di mulut. Namun, peringkat spesifik dan karakteristik rasa dari setiap kopi akan bervariasi tergantung pada jenis sangrai dan daerah asalnya.

2. Kopi Premium

Umumnya kopi premium merupakan kopi yang mendapat peringkat kedua dalam proses peninjauan green grading. Artinya, meskipun kopi premium memenuhi standar yang sama dengan kopi specialty, harganya sedikit di bawah kopi specialty berdasarkan tingkat cacat primer dan jumlah biji kopi mentah.

Meskipun pengaruhnya kecil, untuk grader perbedaannya bisa dirasakan dan rasa kopinya sedikit terpengaruh. Biaya kopi premium dalam cangkir biasanya sekitar 70-79. Tergantung pada peringkat dan varietasnya, harga kopi premium lebih rendah daripada harga specialty.

3. Kopi Komersial

Kopi komersial adalah kopi yang biasanya mudah ditemukan. Secara klasifikasi, kategori kopi ini masuk ke dalam kategori di bawah kopi specialty dan premium atau di bawah 70. Karena itu, kualitas kopi komersial dinilai paling rendah dibandingkan kopi specialty dan premium. Dengan demikian, harganya juga lebih murah.

Kemasan kopi komersial mudah dikenali. Kopi komersial konvensional dikemas dalam botol atau digiling dan dikemas dalam plastik atau kertas. Kopi komersial biasanya dipanggang dan dikemas dalam jumlah besar dengan merek terkenal. Ada berbagai jenis biji kopi, kualitasnya bisa dipilih sesuai selera dan tentunya lebih terjangkau.

Namun, mencicipi kopi dengan jenis kopi tertentu membutuhkan kemampuan menyeduh yang sama baiknya agar nikmat. Mesin kopi kapsul NESCAFÉ Dolce Gusto menjadi pilihan yang tepat dan menawarkan banyak pilihan bagi Anda yang ingin menikmati kopi dengan cara yang praktis.

Rasakan kenikmatan kopi premium karena hanya biji kopi terbaik yang diklasifikasikan untuk digunakan di NESCAFÉ Dolce Gusto. Menggunakan biji kopi pilihan mulai dari pemrosesan hingga penyangraian sehingga hasil kopi memiliki aroma dan kekentalan kopi yang nikmat yang dapat Anda nikmati bahkan di rumah sekalipun.