5 Macam Olahraga Dirumah Untuk Anak yang Bisa Diikuti

5 Macam Olahraga Dirumah Untuk Anak yang Bisa Diikuti

Parenting

Di masa pandemi banyak orang yang dilarang untuk keluar rumah, kecuali ada urusan yang benar-benar penting. Alhasil, banyak yang kehabisan kegiatan dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Namun, Anda masih bisa menyiasati kebosanan dengan cara olahraga dirumah untuk anak yang bisa dicoba.

Selain menyehatkan, olahraga tentunya bisa membuat mereka senang. Daripada harus bermain gadget atau belajar saja sepanjang waktu. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Beberapa olahraga tersebut di antaranya semisal:

1. Olahraga Lompat Tali

Melompat dapat membuat otot dan persendian anak menjadi lebih kuat. Sehingga Anda bisa mencoba olahraga ini di rumah, misalnya dengan cara lompat tali. Lompat tali menjadi olahraga yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama. Anda bisa membimbing anak-anak jika belum terlalu bisa melakukannya.

2. Bermain Air

Anak-anak membutuhkan aktivitas untuk melatih tubuh mereka agar lebih kuat, salah satunya juga bisa dengan cara main air. Misalnya saja menemani mereka berenang. Namun, jika tidak ada kolam renang yang asli pun tak masalah, Anda masih bisa menggunakan kolam yang dari ban. Lebih praktis dan pastinya bisa dengan mudah diisi dengan air.

3. Naik Sepeda

Naik sepeda juga termasuk olahraga lho! Anda dan anak bisa melatih otot kaki, keseimbangan bahkan membuat jantung lebih sehat. Tentunya tidak perlu jauh-jauh, bisa bersepeda keliling kompleks rumah atau lingkungan sekitar saja. Tapi pastinya tidak bisa dilakukan sering-sering apalagi ketika pandemi. Karena dikhawatirkan banyak virus yang menyerang.

4. Sepak Bola

Nah, kalau olahraga yang satu ini biasanya sering kali dilakukan bersama ayah. Sepak bola dapat melatih ketrampilan anak, sehingga mereka bisa membuat keputusan dengan tepat, memecahkan masalah dengan baik dan sebagainya. Karena dalam permainan bola kita dituntut untuk bisa menggunakan strategi-strategi tertentu. Inilah yang membantu otak anak untuk bekerja selain tubuh mereka.

5. Senam Aerobik

Senam aerobik juga termasuk olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah bersama si kecil. Biasanya gerakan paling sederhana adalah melompat dan pastinya harus diiringi dengan musik agar kegiatan senam semakin menyenangkan. Biarkan anak bergerak dengan bebas dan lincah, karena itu akan membantu mereka lebih sehat.

Selain itu, Anda juga bisa mengajari si kecil untuk menari, khususnya anak perempuan. Menari juga termasuk olahraga yang sangat mudah, dan bisa membuat anak bergerak daripada kebosanan terus berada di rumah.

Itulah beberapa olahraga dirumah untuk anak yang bisa Anda lakukan. Berada di rumah saja kadang membuat banyak orang tua kebingungan apa saja aktivitas yang harus dilakukan supaya anak tidak jenuh. Maka dari itu, olahraga sangat direkomendasikan. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa dijadikan sebagai sarana membangun komunikasi dengan si kecil.