5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Usia 3-5 Tahun

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Parenting

Kemampuan motorik anak usia 3-5 tahun sudah berkembang sangat baik sehingga orang tua hanya perlu meningkatkan eksplorasi saja. Pasalnya, anak usia 3-5 tahun sudah mampu berdiri, berjalan dan berlari dengan baik. Anda hanya perlu memilih ragam aktivitas yang bisa meningkatkan motivasi anak untuk semangat olahraga. Berikan segelas susu sebagai tambahan energi sebelum anak melakukan aktivitas olahraga pagi hari, ya! Anda bisa beli Lactogrow yang direkomendasikan untuk anak usia balita agar tumbuh dan berkembang lebih sempurna.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Balita

Anda bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas olahraga selama pandemi di rumah saja. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan bersama anak usia 3-5 tahun yaitu :

1. Jogging

Ajak si kecil bangun pagi dan melakukan olahraga paling mudah dan sederhana yaitu lari keliling kompleks saja. Aktivitas jogging bisa membantu anak memiliki kekuatan berjalan dan lari yang baik, meningkatkan stamina si kecil dan bisa menghilangkan stress. Anak akan menikmati sesi jalan pagi saat udara masih bersih dan segar.

2. Bersepeda

Selain jogging, jenis olahraga yang bisa Anda lakukan selama PPKM adalah bersepeda. Anda bisa mengajak anak-anak bersepeda di sekitar rumah saja, mengingat usia anak masih sangat kecil. Bersepeda bisa meningkatkan kemampuan fisik anak, kekuatan kaki dan konsentrasi anak pada jalanan. Berikan sepeda roda tiga untuk anak usia tiga tahun yang masih berlatih keseimbangan, ya!

3. Lompat tali

Bila Anda ingin olahraga di rumah saja, siapkan tali yang bisa digunakan untuk aktivitas lompat tali. Lompat tali bisa melatih kemampuan motorik anak, koordinasi dan keseimbangan gerak semakin baik.

4. Main bulutangkis

Luangkan waktu Anda untuk mengajari anak main bulutangkis di halaman rumah. Anak usia 5 tahun sudah memiliki keseimbangan gerak yang bagus sehingga Anda bisa mengajaknya melatih koordinasi mata, tangan dan kaki dengan olahraga ini. Siapa tahu anak akan menyukai olahraga ini dan menjadi cikal bakal pemain bulutangkis nasional kelak.

5. Menari

Bila Anda memiliki anak perempuan yang gemar menari, tidak ada salahnya menemani si kecil menari bersama. Aktivitas menyenangkan yang bisa berfungsi olahraga di rumah saja, kenapa tidak? Menari bisa melatih koordinasi gerak si kecil lebih padu baik tarian tradisional atau modern pun. Yuk, ajak anak Anda menikmati waktu di rumah dengan aktivitas fisik yang lebih bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya!

Olahraga yang melelahkan perlu stamina yang prima sehingga Anda wajib memberikan nutrisi tinggi sebagai energi utama. Berikan segelas susu sebelum anak melakukan aktivitas fisik yang banyak atau segelas susu jelang tidur agar anak bisa beristirahat lebih nyenyak.

Beli Lactogrow di toko online terpercaya yang memberikan jaminan produk orisinal dengan harga sesuai standar produsen. Anda bisa beli susu sekalian belanja perlengkapan bayi yang lengkap di situs online lebih praktis dan hemat, lho!